Panduan Penggunaan Self-Monitoring Online

Login dan Logout

Untuk melakukan login ke dalam sistem, buka url http://monitoring.cs.ui.ac.id. Maka akan muncul form login seperti berikut:

Isi field Username dengan username Anda dan isi field Password dengan password yang bersesuaian, kemudian tekan tombol ‘Enter’ atau pilih login. Jika akun Anda telah tervalidasi, maka Anda akan diarahkan ke halaman utama.

Jika Anda ingin logout dari sistem, pilih menu dropdown yang ada di pojok kanan atas (klik nama Anda) lalu pilih menu logout seperti pada gambar berikut:

Ketika Anda berhasil melakukan logout, Anda akan di arahkan ke halaman login.

Mengubah Password

Untuk mengubah password Anda harus sudah melakukan login terlebih dahulu. Selanjutnya, pilih menu dropdown yang ada di pojok kanan atas (klik nama Anda) lalu pilih menu Change Password seperti pada gambar berikut:

Anda akan diarahkan ke halaman yang berisi form untuk mengubah password Anda. Isi field yang bersesuaian:

Kemudian pilih tombol Ubah Password untuk menyimpan perubahan password.

Mengubah Foto Profil

Untuk mengubah foto profil, Anda harus sudah melakukan login terlebih dahulu. Selanjutnya, pilih menu dropdown yang ada di pojok kanan atas (klik nama Anda) lalu pilih menu Change Avatar seperti pada gambar berikut:

Anda akan diarahkan ke halaman yang berisi form untuk mengubah foto profil Anda. Pilih tombol Choose File untuk memilih foto profil anda yang baru.

Kemudian pilih tombol Simpan untuk menyimpan perubahan foto profil.

Melihat Daftar Kelas yang Dikelola

Untuk melihat daftar kelas yang Anda kelola, Anda harus login sebagai instruktur. Kemudian pilih menu Kelas pada navbar di atas seperti pada gambar:

Maka daftar kelas yang Anda kelola akan muncul.

Menambahkan Daftar Kelas yang Dikelola

Untuk menambahkan daftar kelas yang ingin Anda kelola, pilih menu Tambah Kelas pada halaman daftar kelas seperti pada gambar:

Halaman dengan form untuk menambahkan kelas akan muncul, isi field yang bersesuaian. Anda dapat mengosongkan daftar mahasiswa terlebih dahulu.

Pilih tombol Tambah kelas untuk menambahkan kelas. Jika berhasil notifikasi sukses akan muncul, pilih tombol Kembali untuk kembali ke halaman utama.

Menghapus Kelas yang Dikelola

Untuk menghapus kelas yang dikelola, Anda harus berada pada halaman daftar kelas yang dikelola. Hover kursor Anda pada kelas yang ingin dihapus seperti pada gambar, lalu pilih tombol dengan icon trashbin:

Melihat Daftar Mahasiswa di Suatu Kelas

Untuk melihat daftar mahasiswa pada suatu kelas, Anda harus sudah mengelola suatu kelas. Pada halaman daftar kelas yang Anda kelola, pilih salah satu kelas yang ingin Anda lihat:

Maka daftar mahasiswa yang telah ditambahkan pada kelas tersebut akan muncul seperti berikut:

Menambah Daftar Mahasiswa pada Suatu Kelas

Untuk menambahkan mahasiswa pada suatu kelas, Anda harus melihat daftar mahasiswa yang ada pada kelas tersebut dengan cara memilih kelas yang ingin Anda tambahkan mahasiswanya pada halaman daftar kelas.

Kemudian pada halaman detail suatu kelas, pilih menu tambah yang berada di atas kanan tabel daftar mahasiswa.

Halaman dengan form untuk menambahkan mahasiswa akan muncul. Isi field yang bersesuaian, Anda bisa memasukkan mahasiswa berdasarkan nama mereka atau NPM mereka.

Selanjutnya pilih tombol Tambah Mahasiswa untuk menyimpan perubahan. Notifikasi sukses akan muncul setelah mahasiswa berhasil ditambahkan.

Menghapus Mahasiswa dari Suatu Kelas

Untuk menghapus mahasiswa dari suatu kelas, Anda harus berada pada halaman yang menampilkan daftar mahasiswa. Dari halaman daftar kelas, pilih salah satu kelas yang ingin Anda lihat daftar mahasiswanya.

Pilih tombol hapus pada baris mahasiswa yang ingin dihapus dari kelas, seperti pada gambar berikut:

Jika sukses, notifikasi mahasiswa berhasil dihapus akan muncul.

Melihat Daftar Prompt di Suatu Kelas

Untuk melihat daftar prompt di suatu kelas, pilih menu prompt pada navbar di atas.

Maka halaman dengan daftar prompt akan muncul, pilih salah satu kelas pada panel kiri seperti pada gambar:

Menambah Prompt pada Suatu Kelas

Untuk menambahkan prompt pada suatu kelas, Anda harus berada pada halaman daftar prompt dengan cara memilih menu prompt pada navbar di bagian atas.

Kemudian pilih menu tambah prompt yang berada pada atas kanan tabel daftar prompt.

Halaman dengan form untuk membuat prompt baru akan muncul, isi field yang bersesuaian.

Jangan lupa untuk menambahkan feedback default untuk memberikan feedback pada jawaban mahasiswa nantinya. Jika feedback lebih dari satu, pisahkan dengan semicolon (;). Pilih tombol tambah prompt untuk menyimpan perubahan.

Melihat Daftar Jawaban pada Suatu Prompt

Pada halaman daftar Prompt, pilih salah satu prompt yang tersedia seperti pada gambar:

Halaman daftar siswa/mahasiswa yang telah menjawab prompt akan muncul seperti berikut:

Jika salah satu siswa/mahasiswa dipilih, akan muncul jawaban siswa/mahasiswa tersebut.

Memberikan Feedback Jawaban Prompt

Untuk memberikan feedback suatu jawaban prompt, Anda sudah harus memilih salah satu prompt pada suatu kelas dan memilih siswa/mahasiswa yang sudah menjawab prompt. Dari jawaban yang ada, terdapat field untuk memberikan feedback dibagian bawah jawaban (lihat gambar berikut).
Feedback sudah tersedia sesuai yang telah Anda buat saat membuat prompt, pilih kirim feedback untuk memberikan feedback.

Anda juga dapat membuat feedback baru dengan memilih 'Balas dengan feedback lain'.

Masukkan feedback Anda pada field yang tersedia, lalu pilih kirim feedback.

Menghapus Prompt

Untuk menghapus prompt, Anda sudah harus memilih salah satu prompt pada suatu kelas. Pilih tombol icon trashbin untuk menghapus prompt.

Melihat Daftar Prompt pada Suatu Kelas

Untuk melihat daftar prompt pada suatu kelas, Anda harus login sebagai mahasiswa. Pada halaman utama pilih kelas pada panel sebelah kiri seperti pada gambar:

Daftar pertanyaan prompt pada kelas tersebut akan muncul.

Menjawab Pertanyaan Prompt

Untuk menjawab pertanyaan prompt, pilih salah satu kelas lalu pilih prompt yang ingin dijawab pada halaman utama.
Field untuk memasukkan jawaban terdapat dibawah pertanyaan prompt. Pilih simpan jawaban untuk menjawab prompt tersebut.